1-555-645-324 Monday - Sunday 10:00 - 22:00

Teknik Negosiasi Penjualan Yang Benar

Teknik Negosiasi Penjualan Yang Benar

Teknik Negosiasi Penjualan Yang Benar memiliki beberapa tingkatan dan proses, tingkatan dalam bernegosiasi biasanya diawali dengan penyampaian pendapat seseorang kepada pihak lainnya. Tingkatan ini kemudian dilanjutkan dengan bagaimana tanggapan pihak kedua tersebut menanggapi pendapat pihak pertama. Bilamana pihak kedua langsung setuju dengan hal yang disampaikan oleh pihak pertama, maka negosiasi tidak perlu dilakukan.  Tetapi bilamana pihak kedua kurang setuju dan memiliki pendapat lain tentang suatu hal tersebut, maka akan dilakukan negosiasi sampai menemukan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Salah satu cara negosiasi yang baik dilakukan oleh seseorang yang tahu dan mengerti kapan harus negosiasi dan kapan harus berhenti berbicara untuk mendengarkan pendapat yang disampaikan pihak kedua. Seseorang tersebut harus melihat dan membaca keadaan baik kondisi psikologis lawan bicaranya, maupun posibilitas hal yang ingin dinegosiasikan.

Nah, melalui teknik negosiasi yang dimiliki oleh seseorang yang memiliki skill negosiasi yang baik, seorang negosiator mampu membaca situasi dimana dia harus melanjutkan proses negosiasi atau harus menunggu terlebih dahulu. Yang sangat utama dalam negosiasi memang tidak hanya menyampaikan pendapat yang ingin disampaikan, tetapi juga mendengar dan memahami apa yang ingin disampaikan lawan bicara. Dengan memahami maksud yang ingin disampaikan pihak kedua, maka seseorang setidaknya dapat mengatur strategi lainnya dalam bernegosiasi. Dengan melakukan teknik – teknik negosiasi penjualan yang benar seperti penjelasan berikut ini.

5 Teknik Negosiasi Penjualan Yang Benar

  1. Membuat target pencapaian negosiasi. Pasti seseorang yang melakukan negosiasi memiliki target yang ingin dicapai dalam negosiasitersebut.
  2. Melakukan riset yang mampu diterima dengan baik. Pengetahuan yang luas dapat digunakan sebagai tujuan dasar pendapat dalam sebuah diskusi negosiasi.
  3. Fokus tujuan utama negosiasi. Harus ada maksud dalam bahasan topik yang ingin dibahas. Jangan sampai hal yang dibahas menjadi tidak pada intinya dan berkembang hingga keluar dari topik utama yang ingin dibahas.
  4. Bersikap adil dengan pendapat pihak lain. Bersikaplah yang adil supaya dapat membuat lawan bicara menjadi nyaman. Dan hal ini dapat berakibat negosiasi berjalan dengan lancar.
  5. Menyiapkan alternatif untuk saling menguntungkan. Bilamana negosiasi sudah berjalan cukup lama, tetapi belum mendapatkan kesepakatan, maka Anda dapat menawarkan kesepakatan lain yang juga dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Demikian 5 Teknik Negosiasi Penjualan Yang Benar, yang diatas umumnya terdapat pada setiap orang yang ingin bisa bernegosiasi dengan benar supaya bisa menanggapi konsumen dengan mengikuti Teknik Negosiasi Penjualan Yang Benar.

Leave a Reply

Close Menu