Akselerasikan Bisnis Anda Dengan Mengikuti SBM Workshop Bersama Bapak Budi Isman (Padang 16-17 November 2019)

Syarat Perusahaan Agar Bisa Go Public

Syarat Perusahaan Agar Bisa Go Public

Syarat Perusahaan Agar Bisa Go Public dengan mentaati membayar pajak,memiliki izin usaha, dan izin domisili serta perusahaan harus memiliki keuntungan. Pada umumnya, sebuah Perusahaan dapat menjual sahamnya kepada masyarakat umum atau lebih tepatnya menarik modal tambahan dari publik untuk tujuan pengembangan perusahaaan. Misalkan, PT. Point Plus Training secara signifikan sampai skala tertentu, dapat mengambil langkah mencari modal usaha lagi dalam jumlah besar dengan menerbitkan saham dan menjualnya kepada publik. Strategi ini dikenal dengan istilah “Go Public”.

Syarat untuk menghimpun dana dari masyarakat tentu gak sembarangan. Untuk bisa menjadi perusahaan go public, perusahaan harus bisa lolos seleksi BEI (Bursa Efek Indonesia).

Beberapa Syarat Perusahaan Agar Bisa Go Public Untuk Seleksi BEI

Berikut beberapa syarat yang diperlukan perusahaan bila ingin mencatatkan sahamnya di BEI (Bursa Efek Indonesia),  antara lain :

  • Punya struktur yang jelas dan orang-orang andal

perusahaan harus punya struktur organisasi yang jelas dengan orang-orang yang mahir di bidang proses go public. Karena saat bahan IPO, perusahaan membutuhkan bantuan orang-orang tersebut.

  • Perusahaan harus sudah Memiliki Keuntungan

Punya keuntungan adalah salah satu syarat paling penting perusahaan yang ingin go public. Keuntungan harus diperoleh minimal sejak dua tahun terakhir. Jika belum untung juga masih punya kesempatan untuk melantai di BEI. Tetapi, perusahaan tersebut bakal dicatatkan di papan pengembangan, bukan papan utama.

  • Punya aset nyata

Asset Nyata adalah total aset perusahaan yang sudah dikurangi dengan total kewajiban pajak. Minimal angka perusahaan papan utama BEI adalah Rp 100 miliar dan perusahaan papan pengembangan adalah Rp 5 miliar.

8 Syarat Perusahaan Agar Bisa Go Public Secara Garis Besar

  1. Perusahaan merupakan badan hukum yang sah dan telah mentaati peraturan pemerintah selama ini, termasuk memiliki izin usaha, izin domisili, dll.
  2. Perusahaan sudah mencapai skala usaha tertentu yang menyangkut rotasi uang lebih dari ratusan miliar rupiah.
  3. Perusahaan menampilkan kinerja yang baik berdasarkan bukti-bukti positif yang diperlihatkan dalam bentuk berbagai materi.
  4. Perusahaan harus memiliki keuntungan.
  5. Perusahaan tidak melanggar aturan Departemen Tenaga Kerja dalam pengelolaan sumber daya manusia.
  6. Perusahaan taat membayar pajak.
  7. Mempunyai reputasi baik, serta bermasa depan cemerlang.
  8. Ada pihak yang memberi jaminan terhadap perusahaanyang akan go public, yaitu Bapepam ( Badan Pengawas Pasar Modal).

Demikian beberapa syarat supaya bisa menjual efek atau saham perusahaan kepada masyarakat umum, dengan mengikuti  Syarat Perusahaan Agar Bisa Go Public.

Leave a Reply

Close Menu
Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!