Akselerasikan Bisnis Anda Dengan Mengikuti SBM Workshop Bersama Bapak Budi Isman (Padang 16-17 November 2019)

Pengertian Standar Operasional Prosedur

Pengertian Standar Operasional Prosedur

Pengertian Standar Operasional Prosedur – Adalah suatu dokumen berisi prosedur kerja yang harus dilakukan secara kronologis dan sistematis dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu dengan tujuan agar bisa memperoleh hasil kerja yang efektif.

Penggunaan istilh SOP dalam bidng bisnis terutama bergerak dalam sektor industri mungkin sudah tidak asing, SOP merupakan pedoman atau acuan dalam bekerja sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja pegawai serta sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja yang berlaku di sebuah perusahaan.

Tujuan utamanya dari SOP ini merupakan proses pelaksaan pekerjaan dilakukan dengan rapih, tertib, dan sistematis dari awal hingga akahir. Dengan adanya SOP maka diharapkan kualitas pekerjaan menjadi lebih baik dan efektif dalam sebuah pekerjaan.

Mengenal Informasi Pengertian Standar Operasional Prosedur

Dibawah ini merupakan beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan mengenai pengertian dari SOP, dan tujuan dari SOP, tentunya dengan mengenalnya lebih jauh, Anda bisa dapatkan informasi yang lengkap dan tentunya Anda bisa dapatkan informasi agar lebih faham mengenai sebuah SOP

  • Pengertian Standar Operasional Prosedur Menurut Ahli

Beberapa ahli pernah menjelaskan mengenai SOP, diantaranya adalah beberapa ahli dibawah ini untuk pengertian SOP, tentunya dengan beberapa pengertian dibawah ini mengenai SOP tentunya Anda bisa dapatkan informasi lebih lengkap untuk mendapatkan pengertian SOP terbaik.

1. Moekijat

Standar Operasional Prosedur merupakan sebuah urutan langkah-langkah atau pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan dimana pekerjaan tersebut dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, dimana melakukannya dan siapa yang melakukannya menurut ahli yang bernama moekijat.

2. Sailendra

Menurut ahli yang bernama Sailendra. Pengertian SOP ialah suatu panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar.

3. Istyadi Insani

Menurut ahli selanjutnya yang bernama Insani, Menurut ahli yang bernama insani Standar Operasional Prosedur merupakan dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan tentang proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan.

4. Tijpto Atmoko

Berikutnya yang terakhir adalah SOP menurut ahli yang bernama Tjipto Atmoko yang merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melakukan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah maupun nonpemerintah, usaha maupun nonusaha, berdasarkan indikator indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

  • Tujuan Standar Operasional Prosedur

Secara umum tujuan dari Standar Operasional Prosedur ialah untuk menjelaskan secara detail mengenai kegiatan tugas dan pekerjaan yang dilakukan berulang di dalam suatu perusahaan.

Pada pelaksanaan sebuah standar operasional prosedur, ada beberapa tujuan SOP yang bermanfaat bagi operasional suatu organisasi, yaitu:

  1. Untuk menjaga konsisten kinerja atau kondisi tertentu, kemana petugas dan lingkungan dalam pelaksanaan pekerjaan dan tugas tertentu
  2. Untuk memberikan pedoman atau acuan dalam pelaksanaan pekerjaan atau tugas bagi supervisor dan karyawan
  3. Membantu menghindari kesalahan, konflik, keraguan, duplikasi, serta pemborosan dalam pelaksanaan pekerjaan
  4. Memberikan ukuran atau parameter dalam sumber daya secara efektif dan efisien
  5. Menjelaskan urutan dan alur kerja, wewenang dan tanggung jawab para petugas yang terkait
  6. Sebagai dokumen yang memberikan penjelasan dan penilaian proses pelaksanaan kerja bila terjadi mal praktek atau ksalahan administratif
  7. Sebagai dokumen yang dapat digunakan pada pelatihan pekerja
  8. Menjadi dokumen sejarah jika dilakukan revisi SOP dan menggantinya dengan peraturan baru

Nah, Diatas adalah tujuan dari sebuah Standar Operasional Prosedur, Tentunya Anda bisa menggunakan informasi diatas untuk mengetahui lebih baik untuk Standar Operasional Prosedur yang Anda inginkan, tentunya SOP merupakan sebuah pedoman yang digunakan untuk konsistensi karyawan agar bisa konsisten dalam melakukan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan standar operasional prosedur dengan mendapatkan informasi lengkapnya yang telah kami ulas.

Bagaimana? Sekarang Anda sudah faham mengenai SOP tersebut bukan? Nah, jika Anda bingung menentukan SOP yang cocok untuk perusahaan Anda, tentunya Anda bisa dapatkan di Point Plus Training yang bisa membantu Anda menentukan SOP terbaik agar bisa mendapatkan pedoman yang terbaik.

Leave a Reply

Close Menu
Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!