Akselerasikan Bisnis Anda Dengan Mengikuti SBM Workshop Bersama Bapak Budi Isman (Padang 16-17 November 2019)

Metode Pelatihan Untuk Karyawan Operasional

Metode Pelatihan Untuk Karyawan Operasional

Banyak perusahaan berusaha menemukan abgaimana Metode Pelatihan Untuk Karyawan Operasional agar dapat meringkas proses yang  akhirnya membantu para tenaga kerja untuk memperoleh efektivitas dalam pekerjaan mereka yang sekarang atau yang akan datang melalui pengembangan pikiran, tindakan, kecakapan/skill, pengetahuan, dan sikap yang layak. Berbagai metode dapat digunakan dalam program pelatihan.

Nah, Kami mempunyai penjelasan tentang jenis – jenis metode pelatihan karyawan operasional untuk digunakan dalam proses pelatihan.

Jenis – Jenis Metode Pelatihan Untuk Karyawan Operasional

  • Metode Simulasi

Simulasi ini merupakan pelengkap dan sebagai tehnik duplikat yang lebih mendekati dengan kondisi nyata pada pekerjaan. Metode simulasi yang paling popular adalah permainan bisnis (bussiness games). Metode jenis ini merupakan metode pelatihan yang sangat mahal, akan tetapi juga sangat bermanfaat dan banyak diperlukan dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

  • Metode Demonstrasi

Metode ini sangat efektif, karena lebih mudah dalam menunjukkan kepada para peserta tentang bagaimana cara dalam mengerjakan suatu tugas, karena telah dikombinasikan dengan alat Bantu belajar seperti : gambar-gambar, teks materi, ceramah, dan diskusi.

  • Metode On The Job Training

Metode jenis ini sangat tepat untuk mengajarkan skill yang dapat dipelajari hanya dalam beberapa hari atau beberapa minggu saja. Manfaat dari metode jenis ini adalah para peserta belajar dengan berbagai perlengkapan yang nyata dan dalam limgkungan pekerjaan atau job yang jelas.

  • Metode Vestibule atau Balai

Metode jenis ini merupakan metode pelatihan yang sangat cocok bagi banyak peserta (para pegawai baru) yang akan dilatih dengan jenis pekerjaan yang sama dan dalam waktu yang juga sama. Pelaksanaan metode jenis ini biasanya dilakukan dalam waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan dengan pengawasan instruktur, misalnya pelatihan pekerjaan, pengetikan klerek, operator mesin produksi dan lain-lain.

  • Metode Apprenticeship

Metode jenis ini adalah suatu cara bagaimana dalam mengembangkan ketrampilan (skill) pengrajin atau pertukangan. Metode jenis ini tidak memiliki standar format. Para peserta pegawai akan mendapatkan bimbingan umum dan dapat langsung mengerjakan pekerjaannya masing-masing.

  • Metode Ruang Kelas

Metode pelatihan jenis ini merupakan metode training yang dilakukan di dalam ruang kelas walaupun sebenarnya dapat juga dilakukan di area pekerjaan. Metode ruang kelas adalah seperti perkuliahan, konferensi, studi kasus, bermain peran dan pengajaran berprogram (programmed instruction).

Itulah beberapa jenis Metode Pelatihan Untuk Karyawan Operasional yang bisa anda pergunakan saat pelatihan berlangsung.  Jika anda ingin melakukan Pelatihan, segera saja hubungi kami bagaimana cara dan apa yang bisa didapatkan dalam pelatihan ini seperti untuk menemukan Metode Pelatihan Untuk Karyawan Operasional yang efektif

Leave a Reply

Close Menu
Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!