1-555-645-324 Monday - Sunday 10:00 - 22:00 AS

Key Performance Indicators Adalah

Key Performance Indicators Adalah

Key Performance Indicators Adalah – Setiap organisasi tentunya perlu menciptakan ukuran kinerja yang bisa digunakan untuk mengukur kemajuan yang sudah dicapai. Pengukuran kinerja tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemajuan perusahaan kearah yang lebih baik tentunya.

KPI adalah sebuah program set ukuran kuantitatif yang bisa digunakan perusahaan atau industri untuk mengukur atau membandingkan kinerja dalam hal memenuhi tujuan strategis dan operasional suatu perusahaan. KPI ini juga bervariasi antar perusahaan atau industri, tergantung dari prioritas atau kriteria kinerja suatu perusahaan.

KPI ini dibuat setelah sebuah perusahaan memiliki strategi dan tujuannya. KPI juga membantu organisasi untuk memastikan seberapa jauh kemajuan tujuan yang telah dicapai oleh suatu perusahaan.

Key Performance Indicators

Key Performance Indicators Adalah set ukuran kuantitatif yang digunakan perusahaan atau Organisasi untuk mengukur dan membandingkan kinerja, nah untuk itu dibawah ini ada beberapa indikator agar KPI berhasil dan perlu menenuhi unsur dibawah ini.

  • Unsur Unsur Keberhasilan Key Performance Indicators

Unsur unsur dibawah ini perlu ada agar KPI bisa berhasil dan strategis dan tentunya bisa berhasil untuk mengukur dan membandingkan kinerja sebuah perusahaan, apa saja? dibawah ini adalah unsur unsurnya.

  1. Dapat menjadi sarana perusahaan mengkomunikasikan strategi
  2. Terkait secara langsung dengan strategi yang dipilih sebuah perusahaan
  3. Indikator tersebut harus bersifat kuantitatif, dan memiliki formula tertentu dalam penghitungannya
  4. Indikator tersebut dapat dihitung
  5. Frekuensi pemutakhirannya bermanfaat
  6. Penetapan target untuk perbaikan dapat dilakukan
  7. Kemungkinan pembandingan dengan perusahaan lain dapat dilakukan
  8. Pengukurannya masih valid
  9. Data dan sumber daya tersedia
  10. Biaya pengukurannya tidak melebihi manfaatnya

Unsur Unsur diatas merupakan yang perlu ada di sebuah KPI agar bisa berhasil dan strategi dalam menjalankannya dan tentunya sangatlah penting untuk diterapkan.

  • Contoh Contoh KPI Di Berbagai Bidang

Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh KPI di berbagai bidang yang Anda bisa temukan di beberapa perusahaan, apa saja? dibawah ini adalah contoh-contohnya.

  1. KPI bidang HR/SDM
  2. KPI bidang Marketing
  3. KPI bidang Information Technology
  4. KPI bidang Finance
  5. KPI bidang Produksi

Pengukuran suatu kinerja itu terdapat dua tipe, yaitu indikator kinerja lag dan lead. Dimana suatu indikator lag tanpa indikator lead tidak dapat memberitahu informasi bagaimana hasil atau tujuan yang akan dicapai, atau memastikan bahwa ukuran yang dibuat telah sesuai dengan tujuan yang strategis pada sebuah organisasi. Begitu juga dengan indikator lead, jika indikator tersebut tanpa indikator lag. Hanya dengan indikator lead dapat fokus pada kinerja dalam jangka waktu yang pendek, tapi kita tidak akan dapat melihat hasil atau tujuan organisasi secara besar atau jangka panjang yang telah dicapai.

Indikator lead ini dapat diketahui sebelum resiko terjadi, yang menjelaskan suatu kondisi dari sebuah proses. Indikator lag ini merupakan ukuran dari past performance dan diketahui setelah resiko terjadi. Indikator lead ini juga memungkinkan kita untuk mengambil tindakan pendahuluan untuk meningkatkan kesempatan mencapai tujuan strategis.

Bagaimana? Anda sudah mengerti apa itu KPI bukan? Tentunya Anda perlu menentukan KPI yang sesuai agar bisa mencapai target yang strategis agar bisa menentukan ukuran kinerja yang berkualitas dan kompeten dan tertarget, tentunya Anda bisa menerapkan beberapa unsur yang bisa diterapkan pada sebuah KPI yang telah ditentukan.

Anda ingin mencari bimbingan struktur KPI terbaik? Anda bisa dapatkan di Point Plus Training yang berpengalaman dan profesional dalam melakukan bimbingan penentu struktur KPI terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang bersahabat dan berkualitas.

Leave a Reply

Close Menu