1-555-645-324 Monday - Sunday 10:00 - 22:00

Empat Cara Karyawan Mempelajari Budaya Organisasi

Empat Cara Karyawan Mempelajari Budaya OrganisasiEmpat Cara Karyawan Mempelajari Budaya Organisasi dengan menceritakan kerasnya perjuangan dan mengikuti ritual untuk memelihara keberadaannya.┬áPada umumnya, Budaya Organisasi mengacu ke sistem makna bersama yang dianut oleh anggota -anggota yang membedakan organisasi itu dari organisasi – organisasi lain. Budaya organisasi itu berkaitan dengan cara karyawan mempersepsikan karakteristik budaya organisasi, bukannya dengan apakah mereka menyukai budaya itu atau tidak. Artinya, budaya itu merupakan istilah deskriptif.

Pelajaran ini penting karena membedakan konsep budaya dari konsep kepuasan kerja. Budaya organisasi adalah deskriptif sedangkan kepuasan kerja adalah evaluatif. Sesuai yang telah di jelaskan bahwa budaya organisasi harus dipelajari, dan tidak terjadi dengan sendirinya.

Oleh sebab itu, harus ada usaha khusus untuk itu agar para anggota organisasi mentrasformasikan elemen elemen budaya organisasi itu kepada anggota. pointplustraining akan menjelaskannya berikut ini.

Empat Cara Karyawan Mempelajari Budaya Organisasi

  • Cerita-cerita.

Cerita yang mengenai bagaimana kerasnya perjuangan pendiri organisasi di dalam memulai usaha sehingga menjadi maju seperti sekarang ini, merupakan hal yang baik untuk di sharing. Dengan cara apa sejarah pasang surutnya organisasi, dan dengan cara apa mengatasi masalah dalam situasi tak menentu akan merupakan kisah yang akan dapat mendorong dan memotivasi anggota untuk bekerja keras jika meraka mau memahami.

  • Upacara / Ritual

Semua masyarakat memiliki corak ritualnya sendiri – sendiri. Dalam organisasi tidak jarang di temui acara-acara ritual atau upacara yang sudah menjadi tradisi dan menjadi bagian hidup suatu perusahaan, sehingga tetap dipelihara keberadaannya. Contoh: selamatan waktu mulai musim giling di pabrik tepung.

  • Simbol-simbol material

Simbol-simbol atau lambang-lambang material, seperti pakaian seragam, ruang kantor dan lain-lain atribut fisik yang dapat diamati merupakan unsur yang penting budaya organisasi yang harus diperhatikan. Sebab, dengan simbol-simbol itulah kita dengan mudah mengindentifikasi bagaimana nilai, keyakinan, norma, dan lain lain itu menjadi milik bersama dan di patuhi.

  • Bahasa

Bahasa jelas merupakan unsur penting dari budaya organisasi. Di dalam organisasi, tiap bidang, strata, atau semacamnya memilki bahasa yang khas, yang terkadang hanya di pahami oleh kalangan terbatas. Hal sangat penting, karena untuk dapat diterima di suatu lingkungan dan menjadi bagian dari lingkungan, salah satu syaratnya adalah memahami bahasa yang berlaku.

Jika kalian ingin mempelajarinya, kalian bisa menghubungi pointplustraining bagaimana cara dan apa yang bisa didapatkan dalam pelajaran ini seperti mendapatkan Empat Cara Karyawan Mempelajari Budaya Organisasi.

Leave a Reply

Close Menu