1-555-645-324 Monday - Sunday 10:00 - 22:00

Cara Menilai KPI dan Kinerja Karyawan

Cara Menilai KPI dan Kinerja KaryawanCara Menilai KPI dan Kinerja Karyawan dengan membuat indikator yang konkret dan ikut sertakan karyawan dalam penyusunan indikator dalam KPI. Pada dasarnya, sistem KPI akan membuat penilaian yang dilakukan benar-benar objectitive dan bisa menyeleksi mana karyawan yang benar-benar produktif dan mana yang tidak. Namun, tentu saja indikator yang digunakan harus benar-benar berkualitas.

Kualitas indikator KPI akan berpengaruh terhadap sukses tidaknya sistem KPI. Tanpa indikator yang baik, maka KPI hanya bentuk lain saja dari ketiadaan asesmen yang objectitive dan terpercaya. Artinya, badan usaha hanya menunggu keberuntungan sebelum akhirnya kolaps.

Nah, pointplustraining ingin membarikan solusi untuk anda yang ingin bisa menilai KPI dan kinerja karyawan anda agar bisa mengerjakan pekerjaan yang telah dibuat oleh perusahaan, berikuti ini penjelasannya.

Beberapa Cara Menilai KPI dan Kinerja Karyawan di Perusahaan

  • Buat indikator yang konkret dan tidak berangan – angan

Indikator dalam KPI harus mencerminkan harapan pada seorang karyawan yang realistis dan manusiawi. Indikator-indikator tersebut juga harus memiliki tujuan yang jelas dan sinkron dengan visi maupun misi perusahaan. Tanpa hal tersebut, KPI hanya akan menjadi daftar tanpa makna yang malah dapat kontraproduktif terhadap keberlangsungan perusahaan.

  • Ikutsertakan karyawan dalam penyusunan indikator dalam KPI

Dengan demikian, mereka menjadi benar-benar tahu apa yang diharapkan dari perusahaan, sedangkan perusahaan juga benar-benar tahu apa yang bisa diharapkan dari karyawan tersebut. Hal ini juga akan membuat rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap perusahaan semakin tinggi dari sisi karyawan. Jadi, jangan menutup mata dan mengabaikan suara karyawan.

  • Buat riwayat kinerja karyawan

Perusahaan memantau perkembangan karyawan sekaligus untuk mengevaluasi diri apakah sistem yang diterapkan sudah baik sehingga seorang karyawan berkualitas tetap bertahan dan bukannya malah mengundurkan diri karena merasa kurang dihargai. Catatan ini juga memungkinkan perusahaan untuk bisa meningkatkan kinerja karyawan yang masih kurang bagus.

  • Evaluasi KPI secara berkala

Perubahan kondisi juga memungkinkan KPI tidak lagi relevan untuk diterapkan. Oleh karenanya, diperlukan perhatian yang terus menerus agar sistem KPI yang diterapkan memang masih bisa memberikan data yang tepat. Tanpa evaluasi, sama saja membiarkan perusahaan memakai barang rongsokan yang sepatutnya dibuang.

Itulah beberapa cara untuk memberikan penilaian KPI kepada karyawan untuk lebih bisa menjalankan perkerjaannya. Lakukan hal terbaik untuk meningkatkan kualitas kerja karyawan dan mewujudkan sinergi perusahaan yang baik dengan mengikuti Cara Menilai KPI dan Kinerja Karyawan.

Leave a Reply

Close Menu