1-555-645-324 Monday - Sunday 10:00 - 22:00

Cara Mengatasi Karyawan Yang Korupsi

Cara Mengatasi Karyawan Yang KorupsiCara Mengatasi Karyawan Yang Korupsi dengan memberi sanksi dan melatih untuk memberikan pengetahuan kepada karyawan serta kampanyekan anti korupsi. Kasus tindak pidana korupsi bukan hanya menyangkut tindakan pejabat pemerintahan yang melanggar aturan, tetapi juga ada peran dari perusahaan swasta yang mendorong terjadinya pelanggaran tersebut. Salah satu kasus yang sering ditemukan adalah suap yang dilakukan oleh swasta untuk melancarkan bisnisnya.

Karyawan yang bermental korupsi di perusahaan kerap melakukan mark-up pada anggaran perusahaan demi kepentingannya sendiri, sehingga tak hanya merugikan perusahaan, tapi juga mempengaruhi kesejahteraan para pekerja/buruh.

Nah, kami mempunyai solusi bagaimana cara untuk mengatasi korupsi di perusahaan. Berikut langkah-langkah yang bisa kami terapkan pada perusahaan.

Beberapa Cara Mengatasi Karyawan Yang Korupsi Pada Perusahaan

  • Meningkatkan Keterbukaan Informasi

Beberapa provinsi di Indonesia telah menerapkan sistem e-budgeting agar masyarakat dapat ikut memantau anggaran daerah. Semua data tercatat dengan baik dan dibayarkan sesuai waktu yang ditetapkan. Hal ini jelas dapat menghindarkan korupsi anggaran karena karyawan dapat melakukan monitoring atas hak-haknya.

  • Membangun Sistem Blow-Whistle

Para Pemimpin perusahaan dan Divisi HR harus memastikan adanya apresiasi dan perlindungan untuk pelapor, serta mengevaluasi kasus-kasus tersebut secara menyeluruh, sehingga memberikan hasil yang signifikan. Adanya sistem hukuman yang efektif juga dapat menjadikan segenap anggota karyawan perusahaan akan berpikir ulang untuk melakukan korupsi.

  • Kampanye Anti-Korupsi

Perusahaan dapat melakukan kampanye anti korupsi dengan cara membuat slogan yang ditempelkan di tempat-tempat strategis yang seringkali dilewati oleh para karyawan, semisal di tangga, lift maupun di ruangan kantor. Sehingga, para karyawan akan mengingat pesan-pesan anti korupsi dan menjalankannya dalam pekerjaan sehari-hari.

  • Memperkuat Budaya Perusahaan

Masing-masing perusahaan tentunya memiliki budaya perusahaan yang menjadi panduan utama untuk para karyawannya dalam berkarya. Proses untuk memperkuat budaya perusahaan yang menjunjung tinggi kejujuran dan etika luhur, secara tidak langsung akan membuat anggota perusahaan menghindari perilaku korupsi.

  • Kerja Sama dengan Lembaga Anti Korupsi

Melakukan kerja sama dengan lembaga anti korupsi di luar perusahaan tentu akan berpikir para pekerja bahwa perusahaan benar-benar berkomitmen dalam mencegah aksi-aksi kecurangan. Dengan begitu, setidaknya karyawan akan merasa terikat dengan kewajiban menahan diri dari perilaku korupsi.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Karyawan Yang Korupsi. Dengan melakukan cara-cara di atas, niscaya karyawan-karyawanmu dapat enggan untuk melakukan korupsi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dengan mengikuti Cara Mengatasi Karyawan Yang Korupsi.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Close Menu