1-555-645-324 Monday - Sunday 10:00 - 22:00

Cara Menangani Karyawan Yang Tidak Produktif

Cara Menangani Karyawan Yang Tidak ProduktifCara Menangani Karyawan Yang Tidak Produktif dengan memberi sanksi untuk efek jera serta cari tahu mengapa karyawan menurun kinerjanya. Yang terpenting Karyawan yang tidak produktif dapat menyebabkan turunnya produktivitas dan performa perusahaan. Karyawan yang kurang siap, tidak fokus, serta tidak berperforma bagus dapat menghancurkan kehidupan sebuah bisnis. selagi diatur dengan baik, karyawan dapat menjadi aset terbaik dalam sebuah perusahaan.

Mengatur karyawan agar dapat kembali ke performa terbagusnya sebenarnya tidak sulit. Perlu diingat, meskipun masalah terbesar pada seorang karyawan yang tidak produktif terletak pada kelakuannya, pada dasarnya orang tersebut dipekerjakan berdasarkan kemampuan, keahlian, serta perangainya.

Nah, dengan demikian seorang pemimpin harus mampu mendekati karyawan tersebut dan membantunya kembali siap bekerja dalam performa yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi karyawan yang tidak produktif.

Beberapa Cara Menangani Karyawan Yang Tidak Produktif

  • Berikan Umpan Balik yang Jelas

Sebelum menegur seorang karyawan tentang pekerjaan mereka, berikan orang tersebut unpam balik sejelas mungkin. Jika kualitas pekerjaannya menurun, bicarakan apa yang harus diubah, bagaimana dia dapat memperbaiki performanya, serta manajemen waktu yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Sesekali, semua orang butuh dorongan ke arah yang benar.

  • Dengarkan Pendapatnya

Berkomunikasi adalah obrolan dari dua arah dan seorang pemimpin harus bersiap untuk mendengarkan apa pendapat karyawan. Apakah ada alasan kenapa perubahan kelakuan tersebut terjadi? Apakah karyawan tersebut berhenti berusaha lebih keras karena kurang senang dengan sesuatu? Kuncinya adalah menguak penyebab dari sebuah masalah.

  • Membuat Tujuan Performa Bersama

Penting sekali untuk melibatkan karyawan dalam membuat target performa individual. Bicarakan pada karyawan apa yang ingin mereka tingkatkan, apa yang mereka ingin raih, dan keahlian baru apa yang ingin mereka pelajari. Dengan mengajaknya untuk menentukan tujuan, Anda secara tidak langsung memotivasi karyawan untuk bekerja lebih keras dan lebih giat demi hasil yang lebih baik.

  • Akui dan Hargai Setiap Perbaikan

Pastikan Anda selalu mengucapkan terima kasih atas usaha atau pekerjaan yang karyawan Anda lakukan. Lanjutkan dengan memberikan feedback setiap performa dan berikan insentif jika performa mereka sangat bagus

Demikian beberapa Cara Menangani Karyawan Yang Tidak Produktif, yang diatas umumnya terdapat pada setiap karyawan yang ingin produktif  kembali supaya bisa mengerjakan pekerjaan yang semangat dengan mengikuti Cara Menangani Karyawan Yang Tidak Produktif.

Leave a Reply

Close Menu