1-555-645-324 Monday - Sunday 10:00 - 22:00

Cara Memberhentikan Karyawan Tanpa Pesangon

Cara Memberhentikan Karyawan Tanpa PesangonCara Memberhentikan Karyawan Tanpa Pesangon dengan membicarakan secara jelas apa alasannya dan lakukan secara privat untuk berargumen dengan karyawan. Pada intinya, Memberhentikan karyawan adalah salah satu hal yang menantang karena meskipun berposisi sebagai atasan, Anda harus siap dengan segala reaksi dan respon dari karyawan Anda tersebut. Bisa jadi mereka menangis, diam terkaget, atau bahkan menuntut apa kesalahan mereka.

Oleh sebab itu, yuk kita simak beberapa cara memberhentikan karyawan yang sesuai prosedur tanpa pesangon untuk melindungi Anda, perusahaan dan karyawan Anda juga, berikut penjelasannya.

Beberapa Cara Memberhentikan Karyawan Tanpa Pesangon Sesuai Prosedur

  • Lakukan Secara Privat

Karena ini menyangkut berita buruk, Anda harus tetap menjadi privasi dan juga menghargai karyawan Anda tersebut dengan menyampaikan berita buruk ini secara privat dengan karyawan Anda, bisa dilakukan di ruang kantor Anda atau di ruang rapat. Pastikan Anda membatasi jumlah orang yang hadir, usahakan hanya bersama mereka yang menjadi saksi.

  • Bicara Dengan Jelas

Saat hendak memberhentikan karyawan, Anda harus berbicara dengan jelas mengenai pertemuan tersebut, yaitu untuk melakukan pemecatan dan jangan lupa jelaskan alasan pemecatan tersebut. Jangan sampai karyawan Anda merasa dipecat tanpa alasan yang dapat mencoreng nama baik Anda dan perusahaan yang tidak transparan atau tidak objektif.

  • Bawalah Saksi

Meskipun pemecatan dilakukan secara privat, Anda tetap harus mempunyai saksi untuk melakukan pencatatan terhadap pertemuan tersebut, menjelaskan lebih detailnya alasan pemecatan dan juga membantu mengawasi amannya situasi dan kondisi. Jadi, pemecatan tersebut dilakukan dengan legal dan juga transparan, bukan hanya karena satu pihak saja.

  • Berhentikan Karyawan di awal Pekan

Di saat Anda memberhentikan seseorang di akhir pekan, Anda akan memberikan akhir pekan yang buruk untuk orang tersebut. Lagipula, di saat Anda memberhentikannya di awal pekan, Anda dapat memberikannya sisa waktu hingga akhir pekan untuk berpamitan dengan teman sekantor atau bahkan untuk mulai perlahan mengeluarkan barang-barangnya.

  • Temani Karyawan Hingga Keluar Kantor

Salah satu bentuk bahwa Anda, sebagai representasi kantor tersebut menghargai karyawan yang baru saja diberhentikan adalah dengan menemaninya hingga berjalan keluar kantor. Hal tersebut salah satunya juga untuk menyakinkan Anda bahwa tidak ada berkas penting yang ia ambil dari kantor. Percaya atau tidak, ada saja karyawan yang tidak terima diberhentikan.

Itulah beberapa cara untuk memberhentikan karyawan tanpa pesangon. Lakukan hal ini untuk memberhentikan secara baik kepada karyawan dengan mengikuti Cara Memberhentikan Karyawan Tanpa Pesangon.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Close Menu