1-555-645-324 Monday - Sunday 10:00 - 22:00

Cara Melakukan Interview Calon Karyawan

Cara Melakukan Interview Calon KaryawanCara Melakukan Interview Calon Karyawan dengan menanyakan bagaimana cara mereka menghadapi situasi sulit dan perhatikan sikapnya serta gali kepribadiannya. Pada dasarnya, interview calon karyawan adalah salah satu yang menentukan diterima atau tidaknya seorang calon karyawan. Para Karyawan yang melakukan interview bisa melihat secara langsung kandidat yang berkualitas maupun kandidat calon karyawan yang berpotensi membawa dampak negatif bagi perusahaan.

Tetapi, seorang HRD tidak semuanya berpengalaman untuk mengidentifikasi setiap tanda-tanda mengenai calon karyawan yang akan membawa energi negatif ke dalam perusahaan.

Nah, dengan demikian para HRD harus lebih selektif dalam mencari, menemukan, serta menetapkan calon karyawan dengan karakteristik yang positif. Berikut ini beberapa cara HRD menginterview calon karyawan.

Beberapa Cara Melakukan Interview Calon Karyawan Bagi HRD

  • Tanyakan Pertanyaan yang Menjebak

Dengan cara ini, HRD bisa memberikan informasi kepada calon karyawan, apakah kandidat tersebut merasa tertekan dan menunjukkan tanda yang tidak baik saat menjawab atau sebaliknya menunjukkan kandidat tersebut merupakan calon karyawan yang memiliki wawasan dan pengalaman.

  • Tanyakan Bagaimana Cara Mereka Menghadapi Situasi Sulit

Beberapa ciri karyawan yang tidak baik adalah selalu menganggap sebuah masalah disebabkan karena kesalahan orang lain. Tanyakan kondisi seperti apa yang membuat mereka tidak nyaman atau yang tidak mereka harapkan terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

  • Perhatikan penampilan calon Karyawan

Penampilan sungguh kepribadian orang yang bersangkutan. Salah satu profesi memang tidak mementingkan penampilan, namun banyak pula profesi yang mementingkan penampilan. Contohnya saja untuk profesi frontliner, tidak mungkin kita memilih mereka yang penampilannya berantakan dan jorok. Biasanya, calon karyawan akan menampilkan penampilan terbaiknya. Para calon karyawan yang datang untuk wawancara kerja dengan sepatu kotor dan pakaian yang sobek tentunya tidak akan dipilih oleh bagian HRD di perusahaan.

  • Gali tentang kepribadian Calon Karyawan

Salah satu pertanyaan terbuka bisa digunakan untuk menggali lebih jauh tentang kepribadian pelamar. Dengan demikian, Anda akan menemukan apakah calon pelamar antusias dan memiliki etika kerja yang baik. Dan apakah kira-kira calon karyawan cocok dengan budaya kerja kantor.

Itulah cara yang bisa Anda praktikkan jika ingin melakukan interview calon karyawan. Ini perlu diingat sebagai seorang HRD, jangan menanyakan hal yang menyangkut SARA. Bila semua langkah dalam cara ini diikuti, Anda akan menemukan orang yang tepat untuk posisi yang tepat dengan mengikuti Cara Melakukan Interview Calon Karyawan

Leave a Reply

Close Menu