1-555-645-324 Monday - Sunday 10:00 - 22:00

Cara Efektif Mengukur Kompetensi Karyawan

Cara Efektif Mengukur Kompetensi Karyawan

Cara Efektif Mengukur Kompetensi Karyawan dengan menggunakan metode penilaian untuk mengukur tingkat pengetahuan, kemampuan serta keterampilan karyawan. Pada umumnya, pengukuran kompetensi karyawan merupakan serangkaian proses yang diadakan untuk membandingkan antara kompetensi posisi yang dipersyaratkan dengan kompetensi yang saat ini dimiliki oleh karyawan atau pemangku jabatan saat ini.

Pengukuran kompetensi karyawan juga bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi valid yang dapat dijadikan sebagai bukti untuk menunjukan apakah pemangku jabatan tersebut memenuhi kompetensi minimal atau tidak. Oleh sebab itu, pointplustraining akan memberikan solusi Cara mengukur tingkat kompetensi karyawan untuk mengukur pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang terbagi dengan dua perangkat pengukuran, berikut penjelasannya.

Beberapa Cara Efektif Mengukur Kompetensi Karyawan Dengan Alat Utama

Mengukur kompetensi karyawan dengan metode pusat penilaian terbagi dalam beberapa fase tes, sehingga masing-masing fase ini memiliki pengertian dan fungsi berbeda, Beberapa tes tersebut antara lain:

  • Tes Psikometri

Tes prokometri merupakan sebuah tes yang digunakan sebagai alat ukur potensi domain kognitif seorang karyawan yang disusun berdasarkan metode konstruksi. Secara umum, tes prikometri sendiri bertugas untuk mengukur tiga besaran area domain kognitif, yakni area penalaran angka, area penalaran verbal dan area penalaran abstraksi.

  • Exercise atau Simulasi

Simulasi atau exercise merupakan cara mengukur yang sangat penting dilakukan dalam pengukuran kompetensi menggunakan pusat pengkajian. Dengan cara simulasi, para peserta akan mampu menampilkan perilaku-perilaku yang dapat diobservasi, kemudian dicatat dan dikategorikan menurut model kompetensi yang akan digunakan sebagai standar kriteria.

  • Self Preference atau Inventory

Self preference atau inventory merupakan alat ukur yang bertujuan untuk memunculkan preferensi pribadi seorang karyawan dalam menghadapi pekerjaan secara alamiah. Bentuk langsung dari tes inventory berupa sekumpulan pernyataan yang harus dipilih oleh asesi dan secara umum hasil dari alat tes ini sendiri lebih bersifat sebagai pendukung hasil penelitian lainnya

  • Wawancara

Wawancara merupakan metode lama yang kerap digunakan dalam berbagai metode pengukuran kompetensi. Cara mengukur tingkat kompetensi karyawan dengan menggunakan teknik wawancara ini akan mendapatkan gambaran secara terperinci bagaimana sikap dan tindakan seseorang dalam melawan kejenuhan.

Itulah beberapa Cara Efektif Mengukur Kompetensi Karyawan dari pointplustraining yang dapat dilakukan oleh perusahaan dengan teknis yang menyesuaikan akan kemampuan perusahaan. Konsistensi penerapannya untuk mengukur tingkat pengetahuan, kemampuan serta keterampilan karyawan. Agar dapat mengukur kompetensi karyawan dengan mengikuti Cara Efektif Mengukur Kompetensi Karyawan.

Leave a Reply

Close Menu