Cara Berkomunikasi Yang Baik

Cara Berkomunikasi Yang Baik

Cara Berkomunikasi Yang Baik – Relasi kerja, tentunya membangun suatu hubungan yang baik dengan relasi kerja kita merupakan suatu hal yang sangatlah penting. Kenapa? Karena hubungan yang baik saat bekerja dapat berpengaruh pada kinerja Anda sendiri karena selama bekerja tentu Anda akan sering bertemu dan berhubungan secara langsung dengan relasi kerja Anda. Sayang sekali masih ada sebagian orang yang menyepelekan hal ini sehingga terjadi salah komunikasi yang pada akhirnya berdampak buruk pada kredibilitas dan produktivitas kerja.

Kita ketahui, menciptakan hubungan yang baik dengan relasi kerja memang bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Anda perlu membangun cara komunikasi yang berbeda antara satu orang dengan lainnya karena tentu kita tidak bisa memperlakukan semua orang dengan cara yang sama. Lalu, bagaimana cara membangun komunikasi yang baik dengan sesama relasi kerja?

5 Cara Berkomunikasi Yang Baik

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar bisa berkomunikasi dengan baik ketika bersama dengan relasi kerja Anda agar menciptakan hubungan yang baik. Apa saja? simak terus ulasannya dibawah ini.

  • Memberikan feedback yang baik

Hal yang paling penting dan utama dalam kehidupan bekerja adalah menghargai lawan bicara. Etika yang baik saat berbicara adalah mendengarkan apa saja yang dikatakan oleh bicara dengan baik, atau bisa dibilang pendengar yang baik. Setelah itu, Anda wajib memberikan tanggapan atau repon terhadap apa yang telah disampaikan oleh pembicara. Meskipun Anda tidak menyukai si lawan bicara, tetaplah tersenyum dan berikan respon yang baik.

Apa Anda pernah mengucapkan terimakasih ketika selesai mengerjakan tugas dengan relasi kerja Anda? Atau Anda selalu menyatakan rasa senang Anda dapat bekejra sama dengan relasi kerja Anda dalam suatu proyek? Jika belum pernah, maka Anda harus mulai melakukan cara ini untuk mengapresiasikan jerih payah pekerjaan mereka. Dengan begitu, relasi kerja Anda tentu akan merasa senang atas apresiasi tersebut dan hubungan Anda akan membaik.

  • Menerima masukan dengan baik

Di dalam sebuah perusahaan, tentunya Anda akan bertemu dengan orang yang memiliki beragam latar belakang yang berbeda. Maka, Anda harus bisa memahami karakter orang lain dan juga harus bersifat terbuka terhadap kritik atau masukan yang Anda terima dari relasi kerja Anda. Jangan mudah emosi atau menjadikan masalah personal jika ada karyawan yang mengkritik Anda. Jadikanlah kritikan tersebut sebagai masukan untuk Anda, baik dari personal maupun profesional.

  • Jujur dan terbuka

Sifat jujur dan terbuka ini sangatlah penting untuk dimiliki dalam dunia kerja. Kejujuran dan keterbukaan dapat melancarkan koordinasi dengan relasi kerja dan membuat relasi kerja Anda merasa lebih dihormati. Anda tentu tidak perlu melaporkan setiap hal kecil yang terjadi, namun apabila ada pekerjaan baru dari atasan, ada baiknya Anda mendiskusikannya dengan relasi kerja. Jangan sampai relasi kerja Anda merasa tidak dihargai karena Anda menyimpan semua pekerjaan hanya seorang diri.

  • Jadilah humoris dan menyenangkan

Komunikasi akan terjalin dengan efektif apabila suanasa sekitarnya cair dan menyenangkan. Nah, untuk itu cobalah untuk menyelipkan humor saat berbicara dengan relasi kerja Anda. Menjadi humoris dapat membuat suasana lebih cair, asal humor yang dikeluarkan tidaklah menyinggung orang lain. Selain itu, suasana juga menjadi lebih santai dan menyenangkan, yang dapat membuat Anda dan tim dapat dengan mudah menyampaikan gagasan yang cemerlang tanpa ada tekanan.

Cara Berkomunikasi Yang Baik dapat tercipta jika Anda dan relasi saling memberikan respon yang positif dan tujuan dari komunikasi dapat tercapai dengan baik. Nah, untuk itu Anda bisa mencoba lima cara tadi agar suasana di tempat Anda bekerja lebih kondusif dan menyenangkan. Selamat Mencoba!

Bagi Anda yang membutuhkan jasa trainer of training Anda bisa dapatkan di Point Plus Training yang menyediakan pelatihan terhadap para trainer agar menjadi seorang trainer yang handal dan profesional yang dapat menciptakan para peserta didiknya dapat mencapai target yang diinginkan.

Leave a Reply

Close Menu