5 cara mengatasi karyawan yang sering tidak masuk kerja

5 cara mengatasi karyawan yang sering tidak masuk kerja

Merekrut team internal kedalam organisasi bisnis adakalanya memang harus dilakukan meskipun nantinya akan tampak tantangan baru, tapi anda yang bertanggungjawab menangani masalah SDM pastinya tidak ingin jika energi habis untuk mengurusi karyawan yang bermasalah ini. Karena bisa menguras waktu dan pikiran anda sehingga hal hal produktif yang seharusnya anda lakukan justru malah terabaikan karena masalah internal karyawan.

Kinerja karyawan yang paling tampak turun adalah jika absensi bermasalah dan karyawan ini mulai sering tidak masuk kerja, bolos atau terlalu banyak izin dalam sebulan hingga bisa berkali kali tidak masuk.

Simak bagaimana 5 cara mengatasi karyawan yang sering tidak masuk kerja

  1. Yang paling utama yang Anda lakukan ialah mengajak berbicara karyawan di ruangan Anda. Utarakan apa saja yang ingin anda sampaikan dengan baik, Sampaikan juga bahwa Anda siap membantu untuk kembali rajin bekerja. Yang perlu Anda ingat saat pemanggilan dilakukan adalah menciptakan suasana benar benar nyaman sehingga bawahan tersebut nyaman dengan anda, tidak tertekan apalagi merasa direndahkan.
  2. Berikan tindakan tegas Setelah Anda berusaha menegur personal, tapi karyawan tersebut tidak tampak perubahan yang signifikan, maka Anda sudah tepat jika menindak tegas karyawan sesuai dengan peraturan perusahaan. Sanksi itu harus berlaku dengan adil supaya karyawan dapat bekerja dengan profesional dan tidak mengabaikan kewajibannya.
  3. Berikan rasa nyaman ditempat kerja, hampir tak bisa dipungkiri karyawan yang punya masalah serta tidak merasa nyaman ditempat kerjanya akan mempunyai performa kerja yang buruk. Kenyamanan bukan sekedar masalah gaji, bisa jadi ruangan atau kondisi interaksi dikantor yang terlalu banyak konflik sehingga orang yang memiliki potensi bagus sekalipun akan menjadi jatuh performanya jika berada dilingkungan seperti ini. Cek lagi organisasi perusahaan, tak kadang penyebabnya adalah budaya perusahaan itu sendiri.
  4. Jangan pernah ragu memberikan penghargaan , karyawan yang merasa tidak dihargai kinerjanya juga bisa mengalami penurunan motivasi yang akhirnya turun performanya seperti yang anda lihat. Ingat, kapan terakhir kali memberikan pengharaan untuk mereka? Jika tidak, maka wajar saja mereka turun performanya dan memberikan dampak negatif yang berkaitan.
  5. Adakanlah training untuk karyawan, sebuah training atau pelatihan yang memang dijadwalkan amatlah diperlukan bagi karyawan untuk membuat mereka dapat ilmu dan juga semangat baru. Undanglah pakar pelatihan karyawan untuk memberikan motivasi kepada karyawan anda. Beberapa waktu setelah pelatihan beberapa kali, akan terjadi perubahan yang positif berhubungan dengan kinerja mereka.

Leave a Reply

Close Menu